Rabu, Oktober 14, 2009

Mengenal Kesalahan pada Komputer

Komputer memang saat ini menjadai primadona, tapi seringkali kita harus kecewa karena komputer kita mengalami kerusakan. Tidak ada salahnya jika kita mengenal hal-hal yang berkaitan dengan kesalahan pada komputer yang ditemukan dalam sistem komputer ini, kesalahan ini ditemukan dalam bermacam-macam kasus, baik pemrograman, maupun dalam bidang lainnya dalam proses yang dilakukan dengan menggunakan komputer.

Jenis error apa sajakah yang mungkin ditemukan dalam suatu proses? Berikut jenis error yang ada dalam suatu proses:
- Syntax error,
- Logical error
- Run-time error


Berikut adalah penjelasan dari masing-masing kesalahan

Syntax Error

Syntak Error adalah kesalahan yang muncul diakibatkan karena penulisan atau tata bahasa yang tidak benar. Error ini membuat pihak yang diminta untuk mengerjakan sesuatu menjadi bingung, sehingga tidak bisa melakukan perintah tersebut. Contohnya adalah,
Sebagai contoh dalam kehidupan sehari-hari adalah
- Roti Aris makan, penulisan kalimat tersebut salah dalam bahasa Indonesia karena yang benar adalah Aris makan roti.
Apabila kesalahan ini terjadi, maka proses akan tetap dijalankan atau akan berhenti sampai user menuliskan perintah yang benar.

Logical Error

Adalah kesalahan yang muncul karena kesalahan logika. Jika kesalahan ini muncul proses akan tetap dilanjutkan, tetapi hasilnya tidak akan sesuai dengan yang diharapkan. Contoh
- Silahkan kunjungi situs A, tapi sebenarnya yang diminta mengunjungi situs B sehingga informasi yang didapatkan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Apabila kesalahan dalam logika ini muncul akan mengakibatkan hasil suatu proses tidak sesuai dengan yang diharapkan, sebagian besar proses ini akan tetap berjalan karena kesalahan logika ini. Sehingga dalam hal ini user yang harus berhati-hati dalam menuliskan perintah untuk dapat hasil yang sesuai dengan yang diharapkan.
Run-time Error

Kesalahan jenis ini akan muncul disebabkan karena waktu suatu perintah dieksekusi, sistemnya tidak siap menerima perintah tersebut, bisa saja disebabkan permintaan yang anda lakukan sedang tidak tersedia, atau karena penyebab secara teknis lainnya. Contoh
- Anda akan menghidupkan computer, namun karena listrik belum terpasang sehingga anda harus memasang koneksi listrik.
Apabila kesalahan ini muncul, proses akan langsung dihentikan, dan umumnya system akan memberitahukan kondisi yang diketahuinya jika terjadi kesalahan.

Itulah sedikit gambaran dari kesalahan pada computer. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar