Kamis, Oktober 15, 2009

Cara Kerja Komputer

Pada artikel kali ini saya berusaha menjelaskan tentang cara kerja computer. Sadarkah bahwa setiap kali anda menghidupakan sebuah komputer akan terjadi proses yang disebut dengan booting. Proses ini meliputi 3 aktifitas yaitu CPU Reset, Power-On-Self-Test(POST), dan yang terakhir disk boot.
1. CPU Reset
Proses ini dalakukan oleh sebuah PC(Personal Computer) karena memang CPU adalah komponen dalam sebuah PC yang sangat penting. CPU Reset biasanya berjalan ketika tombol power kita tekan, namun juga bisa dilakukan dari sebuah jaringan.Setelah CPU aktif maka BIOS (Basic Input output System) juga akan aktif. BIOS inilah yang akan melayani pergerakan data didalam sebuah komputer. Pada BIOS ini terdapat program yang bernama Power-On-Self-Test (POST).


2. Power-On-Self-Test (POST)
Setelah BIOS aktif akan mengaktifkan POST. Dan program inilah yang akan memeriksa seluruh kompoen penyusun dari sebuah komputer, seperti disk drive , RAM, monitor, keyboard, mouse, dll. Tetapi yang diperiksa pertama kali adalah integritas antara CPU dan program POST itu sendiri.
Pada saat BIOS sudah aktif dan POST masih berjalan, kita bisa menginterupsi proses booting dan melakukan konfigurasi CMOS. CMOS merupakan sebuah memori kecil yang digunakan untuk menyimpan seting BIOS, pengaturan waktu dan penanggalan, sehingga meskipun komputer dimatikan waktu dan penanggalan akan tetap disimpan. CMOS dilengkapi dengan sebuah baterai kecil agar data-data yang ada didlamnya tidak hilang.
3. Disk Boot
Disk Boot dibutuhkan setelah POST selesai yang berarti bahwa komputer siap menjalankan Sistem Operasi yang akan menghubugkan komputer dengan user(manusia). Untuk menjalankan sebuah system operasi dibutuhkan sebuah system inisialisasi awal yang akan menggabungkan semua fungsi computer. Sistem awal ini kemudian disimpan dalam media penyimpanan yang bisa dibaca computer.
4. Loading Sistem Operasi
Setelah semua proses diatas dilakukan, maka komputer akan melakukan loading sistem operasi dan system operasi inilah yang akan mengendalikan komputer. Sistem opersai yang beredar saat ini sangat banyak, seperti Linux dengan berbagi macam distronya, windows, MacOS, dll.

Seperti itulah proses-proses yang dilakukan sebelum sebuah komputer (PC) siap untuk digunakan. Semoga artikel cara kerja computer ini bisa bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar