Minggu, November 01, 2009

Strategi Bagi Orang yang Menggeluti Teknologi Informasi

Perkembangan dunia teknologi informasi saat ini memang luar biasa. Berbagai bidang keahlian telah tercipta hanya dari perkembangan teknologi. Lalu bagaimana strategi yang harus dilakukan oleh kita sebagai para pecinta perkembangan teknologi tersebut. Perlu diingat, masih banyak masyarakat yang awam diluar sana yang belum mengetahui teknologi informasi dengan sepenuhnya, sehingga kadangkala mereka menganggap bahwa seorang yang berada dalam bidang teknologi informasi mengerti segalanya tentang teknologi informasi.

Pada posting kali ini saya akan sedikit berbagi trik tentang stategi bagi orang yang menggeluti teknologi informasi. Mungkin masih banyak poin-poin yang belum masuk,dan jika ada yang ingin menambahkan beberapa trik lagi bisa menambahkan pada komentar.

1. Pilih salah satu bidang yang benar-benar ingin ditekuni dan yang disenangi.
Seperti yang telah saya sampaikan di atas, bidang teknologi informasi ruang lingkupnya sangatlah luas, tidaklah mungkin seorang yang berada di dalam bidang ini bisa menguasai bisa menguasai segala bagian-bagiannya.
2. Pertajam kemampuan dalam berbahasa inggris
Bidang informatika adalah bidang yang banyak menggunakan istilah yang berasal dari bahasa Inggris. Bahkan hampir semua bidang dalam teknologi informasi menggunakan bahasa tersbut. Bila kita perdalam lagi, sebagian besar refferensi menggunakan bahasa inggris yang memang merupakan bahasa dari sumber perkembangan teknologi tersebut.
3. Terus ikuti perkembangan teknologi informatika
Perkembangan teknologi seperti tiada henti, bisa dibilang setiap hari ada perkembangan. Maka kita harus aktif mencari informasi terbaru melalui media apapun.
4. Carilah kemampuan lebih dari kebanyakan orang
Buatlah nilai lebih pada kemampuan anda sehingga akan membedakan dengan kebanyakan orang. Misal anda senang dengan desain grafis, maka rajin-rajinlah berkreasi dan buatlah berlatih.
5. Aktif mencari informasi di Internet
Internet memang sebuah media informasi yang sungguh luar biasa, hampir semua informasi telah masuk keinternet dan kita bisa mendapatkan informasi tersebut dengan mudah. Maka dari itu rajin-rajinlah keinternet dan berselancar mencari informasi.
6. Bersahabatlah dengan Mbah Google
Mbah Google hanyalah sebuah perkataan yang sering saya dengar ketika saya bersama teman-teman mebutuhkan informasi. Google adalah sebuah mesin pencari yang luar biasa, mungkin bagi saya pribadi Google adalah sebuah dunia. Mengapa demikian, karena dengan bantuan Google kita bisa mendapatkan segala informasi didunia ini.
Memang mesin pencari bukan hanya Google, namun saya pernah dengar bahwa google adalah mesin pencari paling terkenal. Saya pernah memposting sebuah artikel tentang Google yang membuat banyak orang menjadi pandai. Untuk membacanya anda bisa klik disini.
7. Perbanyak pertemanan dengan para ahli dalam bidang teknologi
Menurut saya ini salah satu cara yang ampuh, karena dengan kita memilki banyak teman yang menggeluti bidang ini kita setiap hari bisa saling bertukar informasi. Dalam obrolan sehari-hari jika kita ngobrol dengan orang-orang yang menggeluti bidang IT, hal-hal yang akan menjadi bahan pokok perbincangan adalah mengenai teknologi.
8. Bergabung dengan komunitas
Hal ini tidak begitu jauh berbeda dengan poin nomor 9, namun ada perbedaan bahwa jika kita mengikuti sebuah komunitas menjadi hal mutlak jika kita akan berkumpul pasti membahas sesuai bidang kita. Sebuah komunitas saat ini bahkan sudah sangat banyak di internet dan kita bisa dengan mudah bergabung.
9. Ikutlah seminar-seminar tentang teknologi informasi
Dengan kita mengikuti seminar-seminar sesuai dengan bidang yang kita tekuni, hal itu akan memperdalam kemampuan kita dan juga memperbanyak teman yang sebidang dengan kita.
10. Ikuti sertifikasi internasional
Jika anda ingin cepat mendapatkan nilai lebih , mengikuti sertifikasi internasional merupakan cara yang ampuh. Karena jika memang anda mengikuti dan berhasil mendapatkan sertifikat tersebut membuktikan bahwa anda memang menggeluti bidang tersebut dan tidak hanya diakui di Indonesia tetapi juga didunia.

Wah, ternyata banyak juga saya ngetik. Tidak terasa jariku sudah mulai keriting buat ngetik. Demikian beberapa strategi bagi orang yang menggeluti teknologi informasi. Semoga sedikit ilmu ini bisa bermanfaat. Dan maju terus teknologi informasi Indonesia.

4 komentar:

  1. Artikel yang sangat menarik dan bermanfaat sahabat :)

    Makasih sudah berbagi informasi dan trik tentang "Strategi Bagi Orang yang Menggeluti Teknologi Informasi".

    Sukses Selalu buat sahabat...

    BalasHapus
  2. thank sobat atas infonya
    sukses selalu

    BalasHapus
  3. Wah...saaya yng bagian 2 gak kesulitn

    BalasHapus